Yakin semua ditentukan olehmu?

Mungkin kau pernah, ketika tengah malam perut berkirim sinyal ke otak ; duh saya lapar… lalu, lewatlah seorang tukang nasi goreng di depan rumah. Tak lama sepiring nasi goreng telah mengendap masuk dalam perut. 

Ketika di kantor dan mau pulang ke rumah. Kau melihat awan mendung, hujan pun turun dan kau sadar bahwa tak bawa payung. Namun, seorang teman menepuk pundakmu menawarkan tumpangan.

Ketika dulu hatimu patah, tak tau arah, hilang, dan kesepian, namun sekarang kau telah menikah. Kau bisa bercanda riang dengan anak dan pasangan.

Ketika semua rencana yg kau jabarkan tak satupun yg berjalan. Lalu, kau duduk  berdoa dan seketika semua kembali lancar. 

Pernah? 

Sadarkah kau?

Ada gemertak hati yang tak kau syukuri. Harapan kecil berwujud doa yang tak kau anggap. Ada begitu banyak bantuan Tuhan lewat orang-orang disekitarmu.

Pikirmu semua seakan hanya kebetulan. Seakan Tuhan tak pernah campur tangan. Seakan semua hanya kau yg tentukan. Dan, seakan Tuhan hanyalah khayalan. Ya, pikirmu seperti itu.

Tapi, apakah seperti itu?

Yakin hidup ini hanya tentang pikiran dan jalan yg kau rencanakan? Lebih banyak mana yg kau kerjakan atau semua lancar berjalan ketika Tuhan ikut campur tangan?

Mungkin kau bisa mengatur berbagai rencana. Namun, mampukah memastikan bahwa kau akan kembali terbangun esok hari? Mampukah mengatur agar semua sel dalam tubuhmu bekerja seperti sedia kala? Mampukah memastikan esok hari matamu tetap bisa melihat dan jantungmu tetap berdetak?

Yakin?

Bukankah banyak yg punya mata namun tak bisa melihat? Bukankah banyak yg punya jantung tapi butuh alat pacu jantung? Dan, bukankah banyak yg punya otak tapi tak bisa berpikir?

Mungkin salah satu sebab mengapa kau pikir Tuhan itu tak pernah ada dan doamu tak kunjung tiba adalah karena kau lalai dengan Tuhanmu. 

Maka, ingatlah Tuhan disaat senang maka ia akan mengingatmu kala kesulitan. Karena sesungguhnya, sehebat apapun rencanamu tak akan berjalan tanpa persetujuan Tuhan.
@andreajuliand

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s