Kitab Penyihir Aksara, Mantra Magis Para Penulis

Kalo ada buku yg belakangan ini sangat menyita perhatian saya sudah pasti buku ini, Kitab Penyihir Aksara : Mantra Magis Para Penulis. 

Beberapa hari buku ini bahkan ikut menemani ketika saya warawiri. Tiap pergi, maka buku ini saya taruh di jok penumpang depan plus diikat sabuk pengaman. Bukan apa-apa, saya khawatir bila buku itu kenapa-kenapa dan ilmunya belum diserap semua. 

Bahkan setelah ilmunya saya serap pun, saya tetap menginginkan buku itu ada pada kondisi terbaiknya.

Terpilih sebagai salah satu pemenang Writing Heroes 2015, tak membuat saya lega. Hati ini justru berbisik : kayaknya ada bakat nulis nih, gali ah…

Saya lalu mengikuti sebuah acara bertema Terbitkan Mimpimu #4. Disinilah pertama kali saya berjumpa beliau, Brili Agung, penulis buku ini, yg kemudian berlanjut dengan mengikuti kelas beliau bernama : Kelab Penulis Muda #5. Sebuah kelas yg memacu pesertanya untuk bisa menyelesaikan naskah dari nol dalam waktu tiga bulan! 

Di tahun yg sama, ditandai dengan kunjungan ke kantor pusat kompas-gramedia, naskah saya selesai dan dalam waktu dekat ini insya Allah naskah saya yg berjudul Abigail akan tersedia di lebih dari 100 toko buku Gramedia, Karisma, dan Toga Mas diseluruh Indonesia

Senang? Pasti! Namun, setelahnya apa?

Ternyata keinginan untuk menulis karya lain muncul kembali. Fiksi’kan sudah, sekarang saatnya bermain di ranah nonfiksi. 

Tapi layaknya penulis pemula kelas nyamuk terbang yg mood menulisnya timbul tenggelam, saya merasa seperti ada yg kurang. Ilmu yg saya punya tentang dunia tulis seakan menipis. 

Pengin ketemu dan belajar kembali dengan Mas Brili tapi kami sama-sama sibuk. Beberapa kali saya telepon dan dia sedang meeting dengan koleganya di HIPMI Jaya. Mau whatsapp terus-terusan, juga nggak enak. 

Tapi Allah selalu baik sama saya. Doa saya untuk menambah ilmu menulis terjawab lewat karyanya. Sebuah buku yg bukan saja menambah ilmu tapi membuat penulisnya, mas Brili, seakan bisa selalu ada di samping saya.

Buku ini hanya setebal 246 halaman. Tapi butuh beberapa hari untuk melahap isi buku ini. 

Bukan, bukan karena buku ini membosankan namun karena lembar demi lembarnya sangat mengesankan.

Saat membacanya bahkan terasa  seperti beliau sedang berada di hadapan saya. Membimbing mulai dari nol dan membuat saya kembali termotivasi. Seperti dulu ketika berada di kelas menulisnya, dua tahun yg lalu.

Buku ini menjelaskan dengan gamblang apa itu makhluk bernama penulis dengan segala problematika, termasuk solusinya. 

Dijelaskan bagaimana membentuk motivasi agar terus menulis, mengatasi writers block, cara mencari ide, membangun kebiasaan menulis, bahkan hal rinci tentang bagaimana mengelola kata yg bisa mengaduk emosi pembaca. 

Membuat tulisan yg bernyawa sehingga tulisan itu mampu bernapas, bicara, dan jalan-jalan di benak pembaca.

Tak hanya wajib dimiliki oleh siapapun yg ingin menjadi penulis tapi juga mereka yg sudah tenggelam dalam dunia aksara. 

Bukan hanya sekedar menggambarkan cara menjadi kaya lewat tulisan tapi lebih dari itu, buku ini mengajarkan bagaimana menjadi penulis yg sejahtera dan bisa menyejahterakan alam semesta.

Well, setelah dua tahun lalu saya ternganga lewat salah satu bukunya yg berjudul ‘ME’. Terkesima karena dia bisa menjelaskan psikologi kepribadian yg ribet menjadi sangat mudah dipahami. Maka, bukunya kali ini sukses membuat saya termotivasi untuk selalu menelurkan manfaat bagi banyak orang, lewat tulisan.

“Bila satu peluru bisa menembus satu kepala maka satu tulisan bisa menginspirasi ribuan atau bahkan jutaan orang”

Good job, mas Brili. 

Terima kasih buat semua ilmu, amalan, dan bimbinganmu hingga hari ini. Semoga capek, lelah, dan ribet ketika mengurus para peserta Terbitkan Mimpimu, Bikin Buku Club, dan Mentoring Menulis Online dibalas Allah dengan kebaikan yg berkali-kali lipat.

Amin.

Ps : Buku ini tak akan dijumpai di toko buku manapun. Hanya disebar dan dijual secara eksklusif di komunitas menulis Simfoni Aksara atau siapapun yg mencintai menulis. Bila berminat, teman-teman bisa pesan melalui saya. Terima kasih.

Advertisements

4 thoughts on “Kitab Penyihir Aksara, Mantra Magis Para Penulis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s