Kelas Jerman DeLernen 6A

Yeay wisuda

Tulis lagi ah, yeay wisuda! 

Lagi, yeay wisuda! 

Udah ngeselin belum gue? Hehehe.

Yup, kayaknya kemarin masih mumet sama makhluk bernama das, der, dan die, masih ribet mengatur bibir buat baca umlaut, sharpen s, yot, dan segenap makhluk planet lainnya, dan beberapa hari lalu sudah kelar wisuda. Dapet peringkat 8 dan  menang nominasi, its such a magic!

Jujur, sempat nggak yakin bisa ikut kelas sampai akhir. Bahkan sempat nggak yakin bisa ikut kelas ini. 

Actually, gue sempat daftar duluan di batch sebelumnya, delernen 5, namun gagal karena lupa konfirmasi akhir ke Frau Naila. 

Hingga sang waktu berlalu. Meninggalkan Cinta yg berharap pada Rangga meski berganti purnama. Apalah gue?

Saat akhirnya terpilih dari sekian banyak peserta yg berminat, di awal kelas gue lebih banyak ‘mangab’. Mencoba mencerna satu per satu materi. Even, gue juga belajar lewat youtube. Hasilnya? Sama mangab-nya!

Ini artinya apa ya? Itu maksudnya apa ya? Joget-joget tiap bisa mengerti satu materi baru. Giliran paham materi baru, eh materi yg lama lupa. Kan cumi!

Rasanya tuh kayak makan stroberi. For God shake, gue juga nggak tau apa hubungannya antara lupa materi sama makan stroberi, yg jelas, lupa materi adalah tanda-tanda kiamat saat final test.

Untungnya, materi sehari-hari sudah disusun dengan baik oleh tim pengajar, Frau Intan dkk. Frau Intan dkk juga sabar banget jelasin ulang materinya.


Belum lagi, absen masuk dan pulang kelasnya itu unik. Gue sempat berpikir bahwa Frau Qadar adalah mahasiswi psikologi. Angka favorit, warna kesukaan, dan hal-hal lain mirip kayak anak psikologi modal beng-beng maksa minta ngisi kuesioner. Dan ternyata, dia analis kimia lho! Tapi emang mukanya keliatan cerdas walau mirip kayak anak SMP yg ikut kelas akselerasi. 

Namun yg keren itu dibuatin kesimpulan juga tiap akhir materi, jadi yg ‘hobi telat’ masuk kelas kayak gue pun bisa paham.

Buat Frau Intan dkk, tolong sampaikan salam gue pada artikel das, der, die + singular/plural, sumpah terkadang mereka sulit dimengerti.

Oiya, tentang tes. Di delernen ada dua tes, selain PR tiap pertemuan pastinya.  Dua-duanya bikin olahraga jantung dan gue kapok nggak mau nanya lagi tentang nilai, terutama nilai final test! Jangan pernah nanya nilai final test, pokoknya jangan!

Final test-nya mirip kayak jebakan batman! Sangat jauh berbeda dibanding warming up test. Ya, sebelas dua belas kayak lo lihat seseorang dari kejauhan. Dari jauh, subhanallah, eh pas deket innalillahi. 

Nilai A gue di warming up test pun harus terjun ke B+. And you know what? Itu bikin gue pengin garuk-garuk aspal. Gimana nggak? Nilai A itu 90 ke atas, sedangkan gue ada di 89,42. Tinggal 0,58 lagi itu huruf berubah jadi A. Tinggal seujung kukunya Raisa doang!

Teman-teman di kelas A juga menyenangkan. Kami sangat kompak. Apalagi kalo gagal paham, itu kok bisa kompak banget ya? Kadang gue suka senyum-senyum sendiri kalo lagi nyimak di kelas. 

Kalian nggak ngerti materinya? Gue juga! Hahaha ketawa ngenes… Lalu, kami bareng-bareng kasih pertanyaan ke Frau Intan dan Frau Intannya tetap sabar. 

Duh, kalo orang lain sering beli air minum isi ulang, Frau Intan dkk pasti sering banget beli sabar-isi-ulang deh.

Overall,

Terima kasih buat panitia yg dari awal hingga akhir pertemuan sudah mengurus delernen dengan sangat baik. 

Memang, tak ada gading yg tak retak, salahkan keluarga gajah kenapa gading mereka nggak pernah terawat, tapi gue percaya delernen akan semakin baik dikemudian hari.

Semoga capek, lelah, dan ribet ketika mengurus para peserta dibalas oleh Allah dengan kebaikan yg berkali-kali lipat.

Mohon maaf bila selama ini ada salah kata atau perbuatan.

Terima kasih. Danke schön. Haturnuhun.

Andrea Juliand / 6A

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s