Writer’s block


Writer’s block, kondisi (sementara) di mana ribuan detik dan belasan cangkir kopi terbuang sia-sia tanpa satu paragraf atau bahkan satu kalimat yg bisa diekspresikan ke dalam bentuk tulisan.

Ketik satu paragraf lalu hapus karena khilaf. Tulis sekalimat, tak nikmat, lalu lenyap. Begitu terus sampai Katy Perry bikin album religi.

Dan, biasanya pelarian gue adalah sebuah tempat bernama kedai kopi.

Kedai kopi, baik yg cuma jualan kopi atau juga jualan roti/donat adalah rumah kedua bagi gue. Kalo  lagi mentok bingung mau nulis apa atau lagi dikejar deadline, gue akan dengan senang hati melangkahkan kaki menuju kedai kopi.

Kemarin, gue mampir di salah satu gerai Starbucks di Jakarta Timur. Semuanya terasa begitu biasa. Gue datang, memesan iced green tea latte lalu mencari tempat duduk di salah satu sudutnya.

Dan seperti yg udah-udah, kalo  lagi bingung mau nulis apa, biasanya gue akan ‘mengendus’ percakapan orang-orang di sekeliling buat mancing ide yg akan ditulis.

Menit demi menit. Jam demi jam dan belum tau mau nulis apa hingga akhirnya muncul sepasang anak SMP dan duduk di sebelah gue.

Yg cowo, mukanya rada cemberut dan yg cewe duduk dengan ekspresi gue-salah-apa-ya.

Gue pribadi, sebenarnya nggak  peduli dgn mereka. Pemandangan sepasang muda-mudi yg berpacaran di kedai kopi adalah hal yg sangat biasa. Sedikit menggelitik ketika gue mendengar percakapan mereka…

She: Ayah, kamu marah ya sama Bunda? Kok dari tadi Ayah diem aja.

He : Nggak, ayah cuma lagi bete aja.

She : Maafin Bunda ya, kemarin itu Bunda nggak bisa angkat telepon Ayah karena Bunda lagi ngobrol sama Ibu. Ayah jangan marah ya

Gue cukup sering liat mereka yg pacaran dan punya panggilan sayang yg unik. Namun, lihat anak SMP pacaran dengan panggilan ayah bunda? Oh meeen, emangnya kalian udah pada punya anak? Kenapa nggak sekalian pakai Raqib-Atit aja?

Sesaat setelah mendengar percakapan mereka, green tea latte guepun keluar dari hidung. Bagaimana dengan tulisan? Lupakan!

ps : gue nggak iri sama mereka yee, sumpah! #eh

Leave a Reply

