Iphone Asli vs Rekondisi

Halo, wie geht’s?

Sebenarnya artikel ini pertama kali gue tulis pada 24 April 2016, which is umurnya sudah lebih dari setahun. Namun karena hampir tiap hari ada puluhan hingga ratusan orang yang membaca artikel ini, maka per 3 Agustus 2017, artikel ini gue update.

Gue pribadi menulis artikel ini tanpa bayaran oleh pihak manapun. Ini murni untuk berbagi informasi atas maraknya iphone rekondisi di Indonesia.

***

Guys, semua produk Apple adalah produk yang dirancang mewah, berkelas, dan canggih. Dimulai dari kemasan, earpod, kabel lightning/usb, charger, produk, hingga pelengkap seperti stiker logo Apple dan manual book, semua didesain ekslusif. Tujuannya satu, karena produk ini memang ditujukan untuk mereka yang menginginkan produk berkualitas dan cukup mapan secara ekonomi untuk membelinya.

Harga Iphone resmi terbaru saat ini (3 Agustus 2017), iphone 7 plus 256 gb, sudah menyaingi harga sebuah sepeda motor. Sedangkan harga iphone 7 32 gb alias versi termurahnya, berada di angka sebelas jutaan, itu pun sudah termasuk harga promo.

Namun, bukan cuma iphonenya saja yang cukup mahal, aksesorisnya pun lumayan. Sebagai contoh, harga headset wireless/Airpods untuk iphone 7 berada di kisaran hampir 3 juta rupiah (3 Agustus 2017) atau lebih tepatnya 2,999 juta rupiah. Dengan kata lain headset terbaru tanpa kabel untuk iphone 7 harganya sama dengan sebuah iphone 5s saat ini.

Adapun headset/Earpods standar (dengan kabel) dijual dengan harga tak kurang dari setengah juta rupiah, tepatnya 599 ribu rupiah.

Bagaimana dengan kabel lightning/kabel usb-nya? Silahkan ditebus seharga 389 ribu rupiah dan itu belum termasuk adaptor. Adaptor/kepala charger-nya saja 369 ribu rupiah.

Bagaimana dengan baterai? Penggantian baterai akan memakan biaya mulai dari 900 ribu rupiah. Yup, pangsa pasar produk Apple memang ditujukan untuk kelas menengah ke atas.

Apple juga selalu menjaga ekslusifitas barangnya. Ketika perangkat terbaru keluar maka produk lama mereka, biasanya hingga dua generasi sebelumnya, akan dihentikan penjualannya.

Per 3 Agustus 2017 ini, iphone resmi yang masih beredar di Indonesia HANYA iphone 5S 16 gb (space grey dan white), iphone 6 32 gb gold, seri iphone 6s dan 6s plus (32gb dan 128 gb), dan seri iphone 7 dan 7 plus (32gb, 128gb, dan 256gb).

Namun, cobalah main ke pusat perdagangan seperti ITC atau forum jual beli online, lo akan mudah menjumpai phone lawas/jadul seperti iphone 5, iphone 5c, dan iphone 5s 32/64gb yg diklaim ‘baru’, tentu dengan garansi distributor tidak resmi.

Lalu apa itu iphone rekondisi? Iphone rekondisi adalah barang rusak bekas pakai yang dimasukkan ke Indonesia, diperbaiki oleh pihak tak bertanggungjawab dengan komponen seadanya, kemudian dikemas seperti baru lalu dijual.

Sebuah sumber yang tak mau dipublikasikan juga mengatakan bahwa iphone rekondisi adalah iphone yang telah habis masa kontrak provider di luar negeri kemudian dimasukkan ke dalam negeri untuk direkondisi.

Yup, iphone dari luar negeri yang telah habis masa kontraknya akan ‘dibongkar’. Diubah dari SU (Software Unlocked) menjadi FU (Factory Unlocked) agar cocok dengan kartu simcard manapun.

Bagiannya seperti LCD, baterai dan aksesoris yg asli akan ditukar dengan barang abal-abal/KW. Selanjutnya, iphone tersebut dikemas ulang untuk dijual layaknya barang baru.

Adapun bagiannya seperti LCD, Baterai, dan aksesoris aslinya akan dijual terpisah karena harganya bisa dua hingga tiga kali lebih mahal dibanding sparepart abal-abal. Itu sebabnya kualitas iphone rekondisi penuh tanda tanya.

Mungkin ada yang bertanya seberapa menyeramkan membeli iphone rekondisi? Yang jelas ruginya dua kali, pertama, lo mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk membeli sebuah ‘barang bekas pakai dengan kondisi rekondisi’. Kedua, lo akan mendapat sebuah iphone yang kondisinya serba tak jelas dengan aksesoris yang pastinya abal-abal semua.

Semuanya akan tambah menyeramkan karena dengan kondisi adaptor/kepala charger, kabel usb, LCD, dan baterai yang tak jelas maka kemungkinan umur iphone lo akan relatif sangat singkat.

Sebuah iphone normalnya bisa digunakan bertahun-tahun. Bahkan ada temen gue yang pakai iphone 4S dan hingga 2016 masih awet. Iphone rekondisi? Bisa enam bulan tanpa keluhan aja sudah ajaib banget tuh hehehe

Silahkan search google, maka lo akan menemukan ratusan pengalaman pahit mereka yang tertipu dalam membeli iphone rekondisi. Dari yang mulai boros baterai, layar kebiru-biruan, kamera buram, sering hang, charger meledak, tombol home keras, touch screen lemot, finger print rusak, hingga mati total hanya dalam hitungan satu hingga tiga bulan. Bahkan ada lho yang bolak-balik ke ‘service center tak resmi alias abal-abal’ karena iphonenya hanya bertahan selama 2 minggu walau tiap klaim selalu diganti ‘baru’.

Lalu, bagaimana membedakan iphone asli, replika, atau rekondisi? Butuh waktu dan ketelitian ekstra, namun bukan berarti sulit.

Pertama, iphone adalah smartphone yang didesain secara menyatu (unibody) dan semua kondisinya solid alias tidak dapat dibongkar pasang. Casing depan/belakang iphone dan baterainya tidak dapat dilepas layaknya hp android umumnya.

Iphone juga tidak memiliki slot memory external dan hanya memiliki satu sim card berukuran nano (mulai dari generasi iphone 5 hingga detik ini).

Bila lo menemukan iphone yang memiliki dual sim card atau ada slot memory eksternalnya maka dapat dipastikan bahwa itu adalah iphone palsu/replika. Iphone replika adalah hp android yang dibuat sedemikian rupa agar sangat mirip iphone. Beberapa bahkan sangat mirip aslinya, biasanya dikenal dengan nama iphone HDC (high definition copy).

Dua, cek dan samakan serial number dan IMEI. Pada iphone generasi 3G, 3GS, 4 dan 4s, IMEI bisa dilihat di tempat simcard. Sedangkan, pada iphone seri 5, 5c, 5s, SE, 6, dan 6 plus, IMEI tertera di body bagian belakang iphone. Lalu, untuk iphone 6s, 6s plus, 7, dan 7 plus bisa dicek kembali di tempat simcard.

Cek dan samakan juga keterangan di dus dan keterangan di hp pada menu setting-general-about. Kalo beda, please jangan dibeli, itu tandanya iphonenya rekondisi!

Lo juga bisa cek dan samakan apakah serial number dan IMEI iphone tersebut terdaftar resmi di Apple pusat dengan cara membuka situs http://www.imeipro.info nanti akan muncul gambar iphone lo, misal bila iphone yang lo beli adalah iphone 6 maka akan muncul gambar iphone 6.

Lo juga bisa cek imei termasuk garansi dan layanan teknikal support dari pihak Apple pusat di checkcoverage.apple.com/id/ Bila iphone itu baru maka akan muncul keterangan bahwa iphone tersebut belum pernah diaktivasi. Garansi iphone berlaku satu tahun ketika iphone diaktifkan.

Apabila ‘iphone baru’ yang lo beli adalah iphone 5s namun keterangan yang tertulis adalah iphone 5, jangan dibeli, its fake! Alias iphone 5 yang direkondisi sedemikian rupa agar menjadi iphone 5s.  Juga apabila dalam keterangan ada tulisan expired, maka iphone itu adalah iphone bekas pakai dan rekondisi.

Beberapa kasus bahkan ada yang jeroannya tak sesuai data. Contoh :  lo beli ‘iphone 5s 32gb’ tapi ketika di cek ke situs resmi tertulis ‘iphone 5s 64gb’. Artinya tadinya itu adalah iphone 5s 64gb yg mungkin rusak memory/hard disknya lalu direkondisi menjadi iphone 5s 32gb.

Cek juga model iphonenya pada menu setting-general-about. Iphone resmi Indonesia memiliki kode model PA/A atau SA/A. Di luar kode ini, maka dipastikan iphone lo bukan barang resmi Indonesia.

Tiga, unboxing dus. Ketika lo membuka dus iphone maka segera cek perlengkapan standarnya yaitu : headset/earpods yang tergulung dan terbungkus rapi dalam kotak putih dengan logo Apple dan tutup mika bening, adaptor/charger pipih berkaki dua bulat dengan logo Apple kecil berwarna abu-abu, dan kabel usb yang tergulung rapi.

Periksa juga kelengkapan lainnya seperti SIM ejector-nya dan cek apakah ada 2 buah ‘stiker logo apple’ di dalamnya. Barang rekondisi biasanya tak dilengkapi ‘stiker logo apple’. Cek juga peletakan kartu garansinya. Kartu garansi resmi berwarna putih diletakkan menempel di luar segel plastik dus, sedangkan garansi distributor abal-abal biasanya ditaruh di dalam dus.

Bagaimana iphonenya? Iphone pada kondisi baru adalah iphone yang dilapis stiker lapisan bening pada sisi depan dan belakangnya. Ingat, hanya dilapis bukan dibungkus seperti hp yang dimasukan ke dalam kantong plastik! Iphone juga TIDAK memberi screen protector/ tempered glass pada paket resmi penjualannya. Bila kita menginginkan screen  protector maka kita harus membelinya sendiri secara terpisah alias tak termasuk dalam dusnya/paket resmi penjualannya.

Apabila ketika membuka dus iphone dan lo menemukan bahwa iphone itu dimasukkan ke dalam kantong plastik atau mendapat screen protector yang belum terpasang tersimpan dalam dusnya atau bahkan sudah terpasang screen protector pada iphonenya maka dipastikan itu adalah rekondisi.

Perhatikan juga bagian bawahnya (bagian baut dekat speaker), iphone yang asli TIDAK membutuhkan ‘stiker segel garansi’ yang ditempel menutupi bautnya.

‘Stiker segel garansi’ dari distributor abal-abal biasanya berwarna putih berbentuk kotak atau bulat dan berukuran cukup kecil namun ada juga yang menggunakan stiker plastik  hologram. ‘Stiker segel garansi’ dari distributor abal-abal bertuliskan ‘warranty void if seal is broken‘ atau gambar logo distributor abal-abal.

Adaptor/charger, earpod, dan kabel usb yang asli dan resmi juga tidak ada stiker segel garansinya. Sekali lagi, hanya iPhone rekondisi yg ada ‘stiker segel garansinya’. Why? Karena stiker segel garansi yg ‘didesain memang mudah robek’ itu adalah teknologi jaman purba. Apple tidak butuh stiker segel karena garansi resminya sudah dijamin dan ditulis di website resminya.

Empat, iphone memiliki LCI, liquid contact indicator, yang bisa menjelaskan apakah iphone itu sudah pernah terkena cairan. Untuk iphone seri 5/5s/5c maka indicator LCI ada di dalam slot tempat memasukkan tray sim card.

Buka dan lepas tray sim card dari tempatnya dan silahkan intip apakah ada tanda bulatan merah di dalamnya (bagian langit-langit). Bila ada tanda bulatan merah, jangan dibeli karena sudah pasti iphone itu pernah terkena cairan dan tak akan di cover garansi Apple resmi bila rusak, dan pastinya itu adalah iphone rekondisi. Why? Karena toko resmi Apple pasti tidak akan menjual barang yang pernah tersiram/terkena air.

Lima, pastikan bahwa iphone yang lo beli adalah iphone FU (Factory Unlocked), artinya iphone lo bisa menggunakan sim card provider manapun. Cara mengetesnya adalah masukan sim card Indonesia apapun, apabila ia langsung terdeteksi, maka itu adalah iphone FU.

Enam, akan lebih baik ketika lo membeli iphone dan membawa laptop yang sudah terinstal itunes. Lo tinggal colok iphone dan bila bener iphone bukan replika, maka otomatis akan terdeteksi di sana. Perlu dicatat, iphone original hanya memiliki ‘Appstore’ dan bukan ‘playstore’.

Tujuh, cek semua kondisi iphone dengan seksama. Cek finger print, kamera depan-belakang, wifi, bluetooth, kejernihan suara, kondisi layar, earpods, charger, home button dan make sure tombol-tombol atau partnya tak ada yang kendur.

Cek juga fitur virtual assistant-nya alias Siri karena iphone replika alias iphone jadi-jadian tak memiliki fitur Siri. Caranya gampang kok, cukup tekan tombol home sedikit lebih lama dan Siri akan segera hadir.

Coba tekan-tekan ke empat ujung layarnya dan pastikan rapat/tak bergerak. Beberapa layar iphone rekondisi tak menutup dengan sempurna sehingga membuat tampilannya sedikit menonjol di salah satu sisinya. Ini disebabkan oleh beberapa hal, yakni : pemasangan yang asal-asalan ketika direkondisi atau baterai yang mulai menggembung dan menekan LCD ke atas yang menandakan bahwa baterainya perlu diganti.

Oiya, iphone hanya memiliki satu bagian speaker di bawah kanan. Di bagian bawah memang tampak dua, namun sebenarnya yang satu adalah microphone.

Cek juga ketahanan baterainya. Iphone rekondisi biasanya memiliki masalah dibaterai yang boros. Caranya gampang, saat pertama kali menyala, tanpa di charge, coba pakai untuk foto cepat berkali-kali (burst mode). Apabila baterai langsung drop/turun drastis persentase baterainya atau bahkan langsung mati ya itu artinya iphone lo rekondisi.

Delapan, cek warna body iphonenya!

Iphone 5 resmi hanya memiliki dua warna, yaitu black/slate dan white/silver.

Iphone 5s resmi memiliki tiga warna resmi, yaitu : space grey, white/silver, dan gold.

Iphone 5c resmi memiliki lima warna, yaitu : pink, blue (biru muda), green (hijau muda), yellow, dan white.

Iphone 6 dan 6 plus resmi memiliki tiga warna, yaitu : space grey, silver, gold.

Iphone 6s dan 6s plus resmi memiliki warna : space grey, silver, gold, dan rose gold.

Iphone 7 dan 7 plus resmi memiliki warna space grey, silver, gold, rose gold, matte black, dan jet black.

Oiya, iphone 7/7 plus juga ada edisi khusus berwarna merah atau dikenal iphone 7/7 plus RED Edition.

Artinya jika kalian menemukan iphone 5 berwarna gold itu berarti rekondisi karena tidak ada iphone 5 yang secara resmi berwarna gold. Termasuk bila kalian membeli iphone 5s berwarna rose gold (perpaduan pink dan emas) itu juga rekondisi. Why? Karena warna rose gold secara resmi hanya digunakan pada varian iphone SE, iphone 6S, dan 6S plus.

Sembilan, lihat kondisi saat awal menyala/startnya. Iphone yang bagian depannya berwarna hitam, saat pertama kali dinyalakan/ di restart, akan menyala dengan layar background hitam dan logo Apple putih. Sebaliknya, iphone yang bagian depannya putih akan menyala dengan layar background putih dan logo Apple hitam. Bila kondisi ini terbalik, sudah pasti barang yang lo beli rekondisi.

Sepuluh, gue pribadi sangat menyarankan lo membeli iphone baru dari toko resmi seperti : ibox, erafone, story-i, atau emax karena terjamin keasliannya. Namun, gue juga sadar bahwa toko resmi itu hanya tersedia di kota-kota tertentu. Maka, saran gue bila kalian sulit untuk mendapatkan iphone baru dan resmi adalah lebih baik membeli “iphone bekas bergaransi resmi” dibanding “iphone baru tapi rekondisi”. Why? Karena mayoritas pengguna iphone yang sering bermasalah biasanya berasal dari distributor tak resmi. 

Update 30 Juni 2019 – Gue juga menyertakan video cara membedakan iphone asli atau rekondisi dengan contoh iphone 8 plus. Link ada di youtube gue dan bisa kalian klik di sini, so, please check and re-check ketika ingin membeli iphone baru tapi bukan dari toko resmi.

Sekian tips untuk membedakan iphone asli vs rekondisi dari gue. Tolong like and share bila kalian rasa artikel ini bermanfaat.

Satu share kalian di media sosial mungkin bisa menyelamatkan ribuan orang dari jebakan iphone rekondisi.

Terima kasih. Danke schön. Hatur nuhun

Andrea Juliand

216 thoughts on “Iphone Asli vs Rekondisi

  1. Halo,

    buat kamu yg mencari iphone 6s/6s plus dan 7/7plus sekarang sudah tersedia di ibox. Coba cek deh, di ibox central park, Jakarta sudah tersedia.

    – iPhone 6S 32 GB Rp 9.899.000
    – iPhone 6S 128 GB Rp 11.699.000
    – iPhone 6S Plus 32 GB Rp 11.699.000
    – iPhone 6S Plus 128 GB Rp 13.499.000

    Harga lain menyusul. FYI, iphone SE kemungkinan besar juga akan masuk Indonesia. Sekian info.

    Have a nice day, people!

    Like

  2. Om kalo iphone yg ibox itu udah di jamin ori dan semua perlengkapan nya pun ori ?
    Kalo skrng tahun 1017 mau beli iphone 5s apakah masih ada yg ori?

    Like

    • Beberapa iphone lawas (5s, 6, 6+) memang msh diproduksi untuk negara tertentu, khususnya negara berkembang seperti India, Indonesia, dll karena permintaan dari negara tersebut masih banyak.

      Selama beli di ibox, erafone, infinite, global teleshop dkk bisa dipastikan barang dan aksesorisnya ori.

      Like

  3. Mas saya mau tanya,saya lihat di toko ponsel mall pekanbaru,nama tokonya dargan cell,di sana ada jual iphone SE apakah itu asli atau rekondisi ? Kan iphone SE belum resmi masuk lagi pak.
    Dan satu lagi apakah masih ada iphone 5s 64GB yang aslinya pak skrng ?
    Terimakasih.

    Like

    • Memang banyak SE yg beredar, tapi bukan barang resmi. Sama seperti 6s, sudah banyak yg jual bekasnya tapi pasti garansi internasional karena 6s resmi baru masuk beberapa minggu lalu.

      Like

    • Nah itu, kalo nggak resmi ya nggak tau barang asli atau rekondisi. Termasuk aksesorisnya asli atau abal-abal, gak bisa jamin. Karena barang rekondisi itu nggak cuma ada di Indonesia tapi dimana-mana hehehe

      Like

  4. mas saya mau nanya klw iphone 6s yg 16 gb ram 2gb, dimana bentuk fisik nya mas, gimana ngebeda’in kw sama replika mas

    Like

  5. Mas mau tanya, sy beli iphone 5S 16gb online di ibox tp begituhp nya sampai gak bs dinyalain. Kalau dicolokin ke listrik layarnya cm kedip2 tp tetep gak bs nyala. Itu knp ya?

    Like

    • Setau saya, hp baru itu baterenya nggak kosong-kosong amat. Masih sisa sekian persen. Kalopun baterenya habis maka hp akan mati namun akan muncul gambar indikator baterai telah habis saat dicolok charger. Kalo sudah dicharge beberapa waktu (tidak sampai sejam) tapi nggak mau hidup, saran saya, coba hubungi ibox, klaim, dan minta ganti unit baru. Lengkapi dgn bukti pembayaran resmi dan ikuti prosedur pergantiannya.

      Like

  6. Mas mau nanya di artikel Kan mas bilang kalo garansi resmi itu penempatannya diluar dus, maksudnya diluar dus itu masi nyati sama dus nya apa ngga (diluar dus tp masi didalem plastik Segel) apa gimana? Kalo misalnya beli iPhone di Indonesia tp dapet chargernya berkaki 3/ 2 (bukan 2 bulet) apakah iPhone itu ngga resmi?
    Terus nemu iPhone yang ngga bisa disilent pas buat foto apakah iPhone itu Ori?
    Maaf mas nanyanya grebeg an hehe 😂

    Like

    • Garansinya diluar dus, nempel jadi satu. Sebenarnya cara lain buat melihat iphone untuk pasar Indonesia apa bukan itu cukup mudah, tinggal nyalain hpnya masuk ke menu-setting-general-about. Lihat tulisan modelnya, Iphone Indonesia ada kode PA/A (mayoritas) atau SA/A di menunya. Iphone luar kebanyakan yg masuk dari US, kodenya LL/A. Bagusan mana? Tetep bagusan Indonesia karena secara teknis sudah dipersiapkan untuk kondisi Indonesia. Misal : chargernya, pipih kaki dua bulet, sudah disiapkan untuk kondisi listrik (voltase dkk) di Indonesia. Ya, nggak lucu aja karena chargernya beda standar trus pas lagi charging, iphonenya meledak atauuuu mungkin nggak meledak tapi baterenya jd cepet boros (bocor, dkk) atau melemahkan fungsi iphone yg lain. Misalnya : LCD jadi blur saat dicharge, touch screen lompat-lompat saat charging, finger print baru tiga bulan rusak, atau hal lainnya. Karena ini barang elektronik, semuanya serba peka sama arus listrik.

      Tiap iphone yg garansi resmi Indonesia, pasti pipih kaki dua bulet. Kalo bukan ya tandanya barang luar (makanya ada sebutan garansi internasional. FYI, barang rekondisi kebanyakan juga barang internasional), soalnya standar di luar negeri biasanya kaki 3, tergantung negaranya. Cina misalnya, chargernya bulet gede dan kakinya kaki 2 pipih gak bulet.

      Iphone yg nggak bisa di silent, biasanya iphone Jepang. Regulasi di Jepang tidak mengijinkan pengguna untuk mengambil gambar diam2 makanya iphone untuk Jepang nggak bisa di silent kameranya. Intinya sih paling enak pakai barang resmi. Memang lebih mahal tapi Iphone resmi dengan pemakaian normal bisa tahan sampai bertahun-tahun. Banyak temen yg pakai 4S dari 2012 sampai sekarang masih oke punya. Iphone rekondisi? Untung-untungan, ada yg bisa setahun tapi yg baru 2 minggu rusak juga banyak.

      Like

  7. Maaf mas saya mau nanya. Sekitar bulan april tahun ini saya beli iphone 5s 64GB dan 6 18GB. Buat charger 5S pipih kaki dua bulet, sdgkan yg 6 kaki 3. Apakah itu rekondisi juga ya? Dua2nya sdh mati total mas. Yg 5S awal puasa kemarin mati. Sudah di klaim garansi dan skrg sudah kembali lagi. Sdgkan yg 6 baru beberapa hari ini mati. Saya masih bingung. Apakah penjual bisa dituntut ? Atau tidak? Hehe

    Like

    • Iphone 5s 64gb resmi tahun 2017 sudah tak ada, adanya 5s 16gb. Iphone 6 yg skrg resmi beredar, setelah iphone 6s dan 7 masuk pasaran, hanya iphone 6 32gb dan saat ini, Juli 2017 hanya tersedia warna gold. Ntah nanti akan bertambah lagi warna yg beredar atau tidak. Charger kaki 3 juga bukan spek barang resmi alias barang internasional. Saya pribadi selalu menekankan pada user untuk membeli barang resmi atau mencari barang bekas eks garansi resmi, karena lebih terjamin kualitasnya. Memang lebih mahal tapi nyaman penggunaannya. Untuk urusan hukum, kembali pada anda. Saran saya mending minta tukar baru bila memungkinkan karena urusan hukum memakan waktu yang lama dan berbelit-belit. Tapi, the choice is yours. 🙂

      Like

      • Terima kasih mas sebelumnya, jadi saya sendiri bisa menilai bagaimana iphone yg saya dpt. Kebetulan saya lagi di jkt, dan hp bisa diklaim garansinya cuma dipadang. Mgkin nanti saya mnta tlg ortu buat ditukar aja hpnya. Saya cuma kecewa karena diberikan hp rekondisi begitu. Kebetulan saya emang ingin mencoba memakai iphone jadi saya ga ngerti gmana membedakannya. Makasih banyak ya mas atas sarannya. Nanti saya belinya di ibox aja biar ga ketipu lagi hehe

        Like

  8. 5s Aku ciri ciri yang lain oke kecuali 2 hal…layar ditekan empat sisinya bergerak, sama baut bagian bawah ditempel stiker…HP ku Rekondisi yaa…terimakasih atas penjelasannya sangat membantu

    Like

  9. Mas saya mau tanya,barusan ini saya ke toko infinite apple,katanya iphone 5s tidak ada masuk lagi beberapa minggu ini,apakah iphone 5s 16gb sudah di continue ? Dan kapan iphone SE masuk ke indonesia ?
    Terima kasih.

    Like

  10. Mas saya mau tanya,kalau iphone 6 yang resmi sekarang berapa gb ya mas? Dan warna apa ? Kalau ios nya baru buka box nya ios 8/9 mas ?
    Terima kasih.

    Like

  11. mas apakah iphone 5s masih di produksi untuk 2017? saya bingung katanya ada yang bilang sudah tidak di produksi ada yang bilang masih di produksi.

    Like

    • Cara termudah memastikan adalah langsung datang ke ibox/erafone terdekat. Setau saya masih dijual resmi namun hanya iphone 5s versi 16gb saja dan hanya warna space grey dan white.

      Like

  12. Pak saya mau tanya,apakah sudah ada gambaran bahwa iphone SE akan masuk ke indonesia tahun ini atau pun tahun depan ? Saya sangat minat sekali iphone teraebut pak terimakasih.

    Like

    • Sampai saat ini iphone SE resmi belum masuk Indonesia. Pada dasarnya semua kembali pada hukum pasar. Penjualan iphone ukuran 4,7 inchi atau 5,5 inch (iphone plus) masih lebih banyak peminatnya, terlebih setelah per 9 Sept ini harga iphone 6 32gb bisa ditebus seharga 4,999 juta. Saran saya, bila anda kekeuh ingin iphone SE silahkan beralih ke iphone 6s, karena speknya lebih baik dari SE, ditambah layar lebih besar namun ukuran secara keseluruhan tak jauh berubah. Atau, membeli iphone SE diluar negeri atau ambil dari penjual tak resmi.

      Like

  13. Kalau mau beli iphone SE yang tak resmi atau di luar negri,saran bapak dimana ya ? Dan klu ada toko onlinenya apa situsnya yg terpercaya klu iphone tersebut asli bukan rekondisi.

    Like

    • Kalo di luar banyak, Aussie bisa, Singpr bisa, US apalagi karena disana ada toko resminya, jd bisa beli baru dan resmi disana. Kalo tempat/website lokal, kurang paham, aku belum pernah beli barang non resmi, serem hehehe… Takutnya dapet barang rekondisi.

      Like

  14. Thanks Infonya gan, sangat sangat membantu. Btw mau nanya, kalo garansi resmi dan gak rsi itu gimana ya? kalo garansi yang byk beredar di kota saya sih platinum, bbcell, sama tam. Dan menurut pandangan dan pengalaman aku, garansi distributor platinum/bbcell itu barang rekondisi semua. Kalau tam sih katanya terpercaya sih, tapi ragu juga. Atau ada yang punya info lebih lengkap soal garansi distributor ini? thanks 🙂

    Like

  15. Saya mau tanya mas saya mau beli iphone 5s yg second, kata nya masih segel dan di bawah dekat colokan earphone nya ada segel kayak stiker gitu menurut mas gimana itu iphone nya?

    Like

    • Mending ambil second yg ori/resmi dari pemakai langsung, coba cari di forum jual beli online juga banyak. Barang ori soalnya nggak ada stiker segelnya. Takutnya itu barang udah pernah dibuka karena ada parts yg rusak/diganti.

      Like

  16. Pak mau tanya, kalau kita beli iphone dan di dalam ada stiker apple nya, apakan itu jaminan klo iphone nya bukan rekondisi?

    Makasih

    Like

    • Stiker 2 buah logo apple adalah salah satu syarat aja, tapi tetap harus cek kondisi softwarenya. Kalo beli baru dan kondisinya ada stiker 2 buah logo apple tapi garansinya kadaluarsa ya artinya tetap rekondisi. Jd semua yg saya tulis itu hrs ada dan benar-benar diperhatikan terutama kalo beli iphone baru.

      Like

      • Ada stiker apple dan dicek software garansi belom jalan,
        Soalnya rencana mo beli iphone SE, krn gak ada yg resmi di indonesia,
        Adanya yg katanya garansi inter,

        Nah kalau kelengkapan seperti tersebut apa jaminan bukan rekondisi pak itu?

        Makasih

        Like

      • Kalo garansi belum jalan, itu satu hal baik. Selanjutnya coba main-main ke ibox, story-i, infinite, reseller resmi apple. Coba liat kelengkapan standarnya. Terutama charger dan headset. Ada beberapa kasus, iphonenya baru, garansi belum jalan, tapi kelengkapannya kayak charger dan headsetnya nggak ori alias kw.

        Like

      • Tanya satu lagi pak,
        Kalau dicek online dan garansi belom jalan, apakah jaminan bukan rekondisi?

        Kalau rekondisi memungkmkan gak ya garansi belom jalan?

        Like

  17. mas saya berencana ganti hp iphone 5 dari tahun 2014, minta saran kalo upgrade ke iphone 6 masih layak buat 2-3 tahun ke depan. terima kasih

    Like

    • Iphone 6 terbaru edisi 32gb baru keluar lagi tahun 2017 kmrn, khusus untuk negara berkembang seperti Indonesia, India, dkk. Kalo dibilang msh layak untuk 2 tahun ke depan, iya. Tapi untuk kemudahan update ios, sayabprefer langsung naik ke 6s. Takutnya iphone 6 hanya di support sampai tahun ini atau tahun depan, habis itu selesai.

      Like

      • Lanjut nanya lagi mas, kalo iphone 6s yang resmi masuk ke indonesia itu yg edisi brapa gb. Trm ksh

        Like

    • Waduh, kalo saya sih cari yg normal aja hehe. Kalo udah ganti case kan berarti udah dibongkar/dipindah isinya dari back case lama ke back case baru. Udah nggak jelas apa hanya ganti back case atau ada parts lain yang diganti hehe

      Like

  18. Pak saya mau tanya ko sinyal ip beda2 ya? Jd tmn sy beli ip6 sinyal nya kaya android gt tp kaya ip ori sy bingung setau sy ip sinyal nya yg bulet2 hehe

    Like

    • Setau saya, warp plastik kan hanya untuk pembungkus dus iphonenya saja. Dan setelah unboxing, ada lembaran plastik bening pada iphone yg menutupi bagian depan dan belakang iphone tapi bukan plastik warp. CMIIW ya…

      Like

  19. Assalam alaikum.. Wr.. Wb
    Mas saya maw nanya saya beli iphone 6s 64gb kmrin hari Minggu, 27 mei 2018…
    Yang pertama garansinya 1 mnggu toko trya 1 tahun distributor merk platinum trus berada di dalam dus.
    Ke2. Casnya kaki 3
    Ke3. Harganya Rp4.500.000
    Ke4. Ada sticker di kiri speker bawah yg menutupi baut..
    Apakah ini termasuk ori??
    Selebihnya untuk ciri ori yg mas katakan
    App store saat dibuka aplikasinya asli,
    Hp dilapisi plastik muka belakang mksdx bukan dibungkus tpi dilapisi plastik..

    Bisa nggak minta nomor WA mas agar saya bisa lebih detail nanyain ke mas
    Ini nmor WA saya 082214908944

    Like

    • Walaikumsalam, maaf baru sempat balas. Langsung saya jawab. Garansi resmi iphone itu dari ibox/erafone/ toko resmi yg sudah saya tulis di atas. Platinum bukan garansi resmi.

      Charger iphone ori resmi yg beredar di Indonesia itu pipih berkaki dua. Harga 6s setahu saya tidak semurah itu resminya. Stiker di bagian bawah sudah pasti bukan barang resmi. Coba cocokkan antara tanggal aktivasi dengan masa garansi resmi yg ada di website resmi apple, bila sesuai tanggalnya maka iphone anda ori dan baru. Bila sudah kadaluarsa/expired maka itu barang rekondisi.

      Like

    • Disesuaikan aja. Ada beberapa tipe tertentu yg memang boxnya sesuai warna iphonenya. Tapi paling mudah cek nomor IMEI di dus dan iphone. Kemudian cek aksesorisnya, misal : apakah chargernya pipih berkaki dua? Karena yg resmi masuk Indonesia itu charger pipih berkaki dua. Aksesoris KW biasanya lebih ringan dan terasa lebih ringkih.

      Like

  20. Permisi gan minta saran kalo mau beli iPhone 5S 32gb bekas di toko2 online apa aja yg sekiranya perlu diperhatikan? Berhubung iPhone 5S udah gk di produksi lagi

    Like

    • Saya tidak merekomendasikan untuk beli 5s karena masa pakainya pun diprediksi tak lama, hanya sampai IOS12. Setelah itu, gadget akan kesulitan untuk bekerja secara optimal. Kalo untuk hal yg harus diperhatikan untuk dibeli pun sangat banyak. Baterai terutama, karena umur pakai yg sudah lama, kondisinya kemungkinan sudah jauh dari normal. Belum komponen lain seperti wifi, bluetooth, layar, finger print, camera, dan home button. Bila tetap ingib membeli 5s karena suka ukurannya yg kecil, saya lebih menyarankan untuk membeli iphone SE, karena umurnya lebih baru dan jeroannya jauh lebih baik dibanding 5s.

      Like

  21. permisi mas mau nanya, blan september kmren kan aku barusan beli iphone 7 plus di erafone 32GB dan warnanya matte black (krn cuma itu aja yg sisa sma rose gold), garansi resmi masih ada stiker apple 2 dan kepala chargernya 2 colokan, tpi knp ya mas sering hang/blank ketika menerima tlfon ato sdang tlfon lewat whatsapp? jdi layarnya sering nge freze gtu

    Like

    • Jujur aku belum pernah mengalami kayak gitu, jadi belum bisa kasih solusi tapi coba cek memory iphonenya, mungkin kepenuhan atau whatsappnya udah kepenuhan gambar dll. Coba install ulang whatsappnya dan update software iOSnya, mungkin di iOS 13 hal tersebut bisa terselesaikan.

      Like

      • aku jga baru pertma kali sih mas, sblumnya pake ip 5S gk pernah ngblank gtu (pdahal yg 5S beli online) mungkin kepenuhan jga sih soalnya dri aku instal wa hampir blom pernah aku hapus chat” gk jlsnya. trus mas ya kan icloud ku yambung 2 ip yg lama 5S sma yg 7+ yg lama itu no sim mode, tpi klo ditlfon lewat wa ato seluler biasa bisa nyambung ke dua ip ya mas? 7+ ku dluan yg masuk trus tiba” 5S jga ikut masuk tlponnya. di 5S masih ada line sih mas, masak gra” itu mas?

        Like

      • Iphone lamanya msh pada nyangkut ke icloud? Saranku sih kalo udah gak dipakai lagi/udah dijual ke orang lain, mending iphone lamanya dihapus biar gak nyambung ke icloud. Mungkin iphone 5snya nyambung karena msh nyangkut di icloud. Btw, iphone terakhir kan msh berlaku garansi resmi ya, coba bawa ke ibox deh. Mungkin bisa ditindaklanjuti sama teknisinya.

        Like

  22. iya ip yg lma masih nyambung ke icloud jga, jdi sehari” emg bawa 2, nah punya adekku jga masih nyambung di icloud kok gk kaya punyaku ya? jdi dia klo di tlfon pake seluler ato wa gk ngaruh,. Masih berlaku kok, iya kayaknya harus di tanyakan ke teknisinya. makasih mas atas info dan bantuannya membantu sekali 🙏

    Like

Leave a comment