my job, my dream, my passion

Selamat malam, Jakarta!

Long weekend msh tersisa satu hari lagi dan aku baru saja selesai meeting. Ketika mereka di sana sibuk hahahihi dan aku baru selesai beres-beres presentasi.

Lelah? Pastinya, kadang tersenyum kecut melihat mereka yg sedari muda bisa menghabiskan waktu hahahihi dengan damai. 

Menyesal? Ah, tentu tidak, aku tak pernah menyesal untuk hal-hal produktif. 

Bagiku, bisa melakukan satu hal produktif merupakan sebuah hal menyenangkan yg patut disyukuri. Ingatlah, bahwa satu hal baik yg dilakukan sekarang pasti berdampak di masa depan. 

Lagipula, untuk apa aku mengeluh? 

Karena aku lebih bahagia dibanding mereka di luar sana. Haruskah aku bersedih dibanding  mereka yg baru bisa libur hanya tiap weekend? Mereka yg baru bisa libur hanya kalau ada tanggal merah? Dan mereka yg terjebak macet berkilo-kilometer, berjam-jam di jalan karena terpaksa lantaran tak punya waktu lain untuk berlibur? 

Untuk apa aku menyesal? 

Berapa banyak mereka yg bekerja seperti zombie setiap hari? Berapa banyak mereka yg bekerja tanpa hati? Berapa banyak mereka yg melakukan sesuatu yg terpaksa dan tidak mereka cintai?

Aku bisa tersenyum karena Tuhan begitu baik hati. Mengijinkanku untuk melangkah dan melakukan berbagai hal yang aku cintai. My job, my dream, my passion. Tak henti-hentinya ucapan syukur kuucap atas semua pencapaian hingga detik ini. 

Awalnya memang melelahkan, awalnya penuh ketidakpastian tapi hari gini, satu-satunya kepastian adalah ketidakpastian itu sendiri. 

Dan, aku lebih baik berdarah-darah saat ini agar nanti, di masa tuaku, anak, istri dan keluargaku bisa hidup aman, nyaman, dan damai. Biarlah satu tetes keringat hari ini terbayar oleh tangis bahagia esok nanti.

Tak selamanya rumput tetangga selalu terlihat lebih hijau selama kita mau tekun merawat rumput sendiri.

Masa tua yang nyaman tidak lahir dari masa muda yang leha-leha. Jauh lebih baik kehilangan masa muda daripada kehilangan masa depan – Yasa Singgih.

Leave a Reply

