Sudahkah kamu solat?

Hola! Kemarin sempet terlintas di pikiran, Kan katanya solat itu menjauhkan dari perbuatan keji dan mungkar. Terus gue jadi berpikir begini, berarti kalo udah solat dan masih ngga beres tandanya sama aja kayak belum solat dong… Logikanya mirip kayak orang puasa deh, puasa itu salah satunya menahan nafsu, amarah, emosi negatif lalala, nah kalo udah puasa tapi masih hobi marah-marah, berbuat onar, atau mesum itu tandanya puasanya gak guna, alias sama aja kayak ngga puasa, even worse! Lalu, gue iseng gugel dan taraaaa dapet sebuah penjelasan yang jleeb banget..

Imam Hasan al-Bashri rahimahullah pernah bilang gini : “Wahai anak manusia, Solat adalah perkara yg dapat menghalangimu dari maksiat dan kemungkaran. Jika solat tidak menghalangimu dari kemaksiatan dan kemungkaran, maka hakikatnya engkau belum solat..” Ini jleb pertama..

Lalu, Rasullullah SAW, juga bersabda : “Barang siapa yang memelihara solat maka solat itu sebagai cahaya baginya, petunjuk, dan jalan selamat, dan barang siapa yang tidak memelihara solat maka sesungguhnya solat itu tidak menjadi cahaya, dan tidak juga menjadi petunjuk dan jalan selamat baginya..” Ini jleb kedua yang menurut gue jleb banget! Solat itu lebih dari sekedar menunaikan kewajiban lima waktu. Lebih dari sekedar sekumpulan gerakan yang dimulai dengan takbiratul ihram dan berakhir dengan dua salam. Lebih dari sekedar dengar adzan, ambil wudhu dan meluangkan waktu untuk Tuhanmu. Menjaga dan memelihara solat means kamu juga menjaga sikap, kata dan pikiranmu. Masa iya orang yg katanya solat masih suka ngomongin orang? Karena gibah adalah salah satu dosa besar. Masa iya orang yang katanya solat masih suka maksiat? Kan hakikat solat itu untuk menghindarkan diri dari perbuatan maksiat.. Dan, masa iya, orang yang katanya solat masih suka berlaku sewenang-wenang, zalim dan keji? Padahal hakikat solat untuk mencegah perbuatan keji dan mungkar.

Pertanyaan besarnya adalah,

Sudahkah kamu solat? Apakah kamu termasuk ke dalam orang-orang yang mendirikan solat dan dengannya kamu bisa menjaga dari perbuatan maksiat, keji dan mungkar? Sudahkah terhindar dari perbuatan maksiat, zalim, iri, dengki, riya, sombong, belagu, nyolot, gibah, fitnah, atau suka marah-marah?

…just ask yourself...

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s