Dari kami penikmat karya sang kuli tinta

Sejak gue ikutan kelas menulis, gue jadi rada-rada sensitif sama yg namanya tulisan, terutama sama gaya bahasa, alur, deskripsi dan diksinya.

Yup, I know tiap penulis pasti punya cara tersendiri dalam berekspresi tapi tetep aja akan ada hukum pasar yg menilai. Kalo lo emang niat nerbitin buku, mau ga mau yg hrs lo lakukan adalah puaskan pembaca, bikin klimaks, something tricky, yg fresh ATAU ke laut aje ga usah di terbitin!

Why?
Karena gue (dan jutaan orang di luar sana) cukup sering membuang waktu hanya untuk duduk bego-bengong-gondok dengan tatapan nanar karena telah mengeluarkan uang ‘hanya’ untuk karya yg oh what can I say, drpd beli buku sampah begini mending duitnya gue pake buat nonton di XXI atau buat makan, ketawan bikin kenyang.

Buatlo wahai jagoan non-fiksi, ini nih uneg-uneg gue, pertama, jujur, paling ngga suka sama alur yg blur, premisnya apa sih kok muter-muter ga jelas kayak rute angkot. Eh ngga deh, even rute angkot kayaknya better than your fucking script.

Kedua, iye gue tau, mostly tulisan non fiksi itu dibuat untuk memberi info buat pembaca tapi mbok ya jangan terlalu formal-informatif gitu bahasanya, kaku kayak lap kanebo kering.

Simplenya gini deh, lo juga males’kan kalo di ajar sama guru yg monoton penyampaiannya? Udah bikin ngantuk, ilmunya juga ga masuk.

Buat fiksi, pertama, paling males kalo baca buku yang deskripsinya ngga jelas : di sebuah ruang kelas..udah gitu doang, wooi ketela pohon, ruang kelas itu macem-macem, ruang kelas sekolah standar internasional ama sekolah reguler yg sesama Jakarta aja beda, jelasin dikit kek, ada berapa bangku di sana, meja, lemari di sudut kiri/kanan, pake proyektor apa papan tulis, siswanya lagi ngapain, pelajaran yg berlangsung apa, gurunya killer ngga, lightningnya gimana?

Kalo pembaca gagal nangkep deskipsi yg lo mau, maka ntar maknanya juga akan berbeda! Bisa aja awalnya lo mau ngegambarin scene di RS tapi pembaca malah nangkepnya di puskesmas, its a big different.

Kedua, diksi alias pemilihan kata, males kalo baca ada diksi ‘secepat kilat’ atau ‘seumur jagung’ atau apalah diksi basi dari jaman monas masih kecil itu mbok ya diganti, bosen wooii! yg kreatif dikit kalo main di genre fiksi.

Gini deh, coba tulis angka 9 di lantai. Angka 9 kalo lo liat dari sisi lo itu 9 tapi bisa jadi 6 kalo diliat dari sisi berlawanan.
Intinya, deskripsi itu penting buat menunjang narasi lo, coba bikin sedetail mungkin, hidupin dialognya, hidupin narasinya, kembangin tokohnya, jangan males, jangan pelit-pelit tapi jangan overdosis juga.

Cukup jelas buat lo blom tentu cukup jelas bagi orang lain, keren bagi lo blom tentu keren buat orang lain, dan sekali lagi inget ada hukum pasar yg keji dan pedih di sana.

Sekali lo buat karya dan bikin kecewa, nama lo ga akan pernah direkomendasiin lagi dihari berikut.

Malah mungkin bakal ada stereotype buruk yg melekat such as : Jangan beli bukunya si X deh, covernya doang bagus, judulnya dahsyat, isinya ayam sayur. Booo jomplang yeee!

Dan kalo udah gini, jgn harap pembaca bakal bisa dapet value yg ingin lo sampein, yg ada malah dapet ucapan : njiirr, buku cangcorang gini kok bisa ada penerbit khilaf yg mau nerbitin sih?

Coba tempatkan dirilo sebagai pembaca. Hey, ga semua pembaca itu tipikal kutu buku yg bakal manggut-manggut dgn tulisan lo, ga semua pembaca ketika akan beli buku lalu mudah untuk gesek kartu, ga semua pembaca rumahnya tetanggaan sama gramedia, ga semua pembaca itu bego sampe lo butuh bikin kalimat penjelas berulang-ulang, dan ga semua pembaca bisa sepaham ama yg lo pikirin, and its your job as a writer, buat make sure tulisan lo paling ngga sesuai dengan ‘standar target pembaca yg lo tuju’

Gue tau kita ngga akan bisa memuaskan semua orang tapi paling ngga tulisan kita bisa kena ditarget market kita, yang nanti bakal jadi kelompok pemberi royalti bagi kita. Jgn bikin mereka kecewa atau paling ngga, kalo kecewa ya ga kecewa-kecewa amatlah.

Banyak-banyak baca biar lo bisa peka mana tulisan yg oke, mana tulisan yg ngga layak baca.
Banyak-banyak baca ntah dari penulis keren, penulis kutu kupret, atau penulis kepala batu.

Belajar dari penulis keren cara nulis yg ajib banget. Belajar dari penulis kutu kupret biar nanti karya lo lebih baik dari karya si kutu kupret. Belajar dari penulis kepala batu biar karya lo ga kaku dan terlalu baku.

Coba share di fesbuk atau twitter, liat berapa yg like, brapa yg share, dan brapa yg retweet. Liat komentarnya apa, itu bisa jadi masukan buat tulisan lo.

Kata mentor gue, penulis yg baik adalah pembaca yg baik. Pembaca yg rakus membaca. Tapi selaper-lapernya orang bakal muntah juga kalo diisi sama barang basian. Dan tulisan ini adalah masukan gue as a writer namun dari kacamata pembaca.

Sejatinya, tulisan ini adalah tulisan untuk gue sendiri, sebagai newbie dalam dunia tulis menulis, sebagai warning agar gue ngga males mengeksplor seluk beluk dunia fiksi non-fiksi biar gue ‘sebisa mungkin’ ngga menghasilkan karya yg hanya bikin kecewa para pembaca.

Yuk, kita sama-sama belajar, mari maksimal biar jadi penulis yang bukan hanya memikirkan royalti tapi juga memotivasi dan menyentuh hati pembacanya.

Its not a valentine’s day, its Monday
Bon appétit
Danke schön!

**post script : mau tau ngga knapa gue bikin tulisan seemosi ini? mau tau ngga, apa yg bikin gue seblak-blakan ini? simple, gue cuma abis baca tulisan gue sendiri dan kesel, buseeett brantakan kacau badai tulisan gue wahahahaha

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s