Brain cancer surgery (1)

image

**Menanggapi begitu besarnya angka statistik visitor/viewers yg membuka link ini dan mungkin berharap akan menemukan informasi ttng kanker otak, maka gue mau bilang bahwa ini bukan tulisan medis ttng kanker otak. Ini cuma sekedar curhatan gue ketika sedang ramai-ramainya kasus malpraktek dokter yang berujung menjadi pembicaraan bias di media. Kalo kalian mau tau lebih tentang kanker otak, bisa cek tulisan gue di sini.

Lanjut,

Barusan gue iseng buka youtube, pengen tau ttng kanker otak dan operasinya. Gue ketik di kolom search : brain cancer surgery then gue dapet bbrapa video ttng operasi kanker/tumor otak.

Video yg gue tonton berdurasi 4 menit.

Di menit pertama pas gue tonton, gue takjub, gila how complicated it is. Ada banyak lapisan dari yg keras kayak tulang tengkorak sampe yg lembut kayak agar agar dan lapisan lain apalah namanya gue ngga ngerti, sebelum akhirnya si otak keliatan.
Gue yakin sampe mati, orang-orang belum ada yg bisa bikin otak tandingan sehebat Allah bikin otak dan organ-organ lain.

Di menit kedua, saat otaknya keliatan dan dibedah, gue mulai nelen ludah. Gue ngga takut darah tapi ngeliat darah yg keluar perlahan lahan, liat otak berdenyut -gue baru tau kalo otak itu berdenyut kyk jantung- dan melihat cairan cairan tubuh lain itu lama lama bikin gue ngilu.

Menit ketiga, pas si tumor otak dibedah, gue mulai mual.

Dan di menit ke empat, pas videonya selesai gue kenyang, nafsu makan gue ilang. lenyap. disappear.

Gileee it’s so…
Oh what can I say?
apa yaahh bilangnya?
antara takjub, ngeri, ngilu, eneg dan ngga punya duit jadi satu. Rasanya tuh kayak lo makan ongol-ongol dicampur jagung muda dikasih susu kental manis dicampur lasagna trus disiram sirup cocopandan, please, nggak usah dibayangin, gue  ngga tau dan ngga mau tau juga rasanya kayak apa.

Gue ga kebayang dokter dokter bedah itu kayak apa selera makannya kalo abis bedah orang. Gue aja yg cuma liat videonya selama 4 menit doang langsung males makan dan males pacaran gimana kalo mereka yg jd pelakunya dan they do it almost everyday? kena darah, cairan cairan lain, bau bau amis daging mentah dan harus tetep super duper ultra mega teliti dan ekstra sabar. Belum lagi kalo abis bedah dan bermasalah beeehh tambah ilang aja selera makannya.

Jujur disini gue bersyukur dulu pas kecil cita cita gue bukan dokter. Bersyukur dulu gue cuma keterima kuliah di FISIP UI, bukan di FK UI. Allah memang menempatkan seseorang sesuai kemampuannya.
Mungkin kalo dulu gue ambil kedokteran bisa bisa baru di sistem pengenalan organ gue udah gegar otak atau paling ngga minta gegar otak, pertama karena ngga tahan ama organnya, kedua ngga kuat ujian dan liat nilainya, ketiga stres ama biaya kuliah buat beli buku buku dan alat peraga kyk cadaver dll

Dan ini makin membuat gue melek bahwa kerjaan dokter itu susah dan beresiko lho, thats why you have to pay them more..jadi inget dulu ada orang bego yg nyamain profesi dokter bedah itu ga lebih dari mekanik mobil. Si orang bego itu bilang,  beda dokter bedah dan mekanik itu cuma objeknya. Kalo dokter yg dibedah orang sedangkan kalo mekanik yg dibedah adalah mesin.

Well, gue dulu kuliah di FISIP UI, ngga ngerti tentang dunia medis, gue juga pernah ngalamin mahalnya biaya berobat dan disisi lain gue juga suka banget ama mesin, suka ngutak atik atau paling ngga tune up mobil gue sendiri, but let me tell you something, beda mekanik mobil dan dokter bedah itu jelas, bukan cuma objeknya tapi juga prosesnya.

Kalo mekanik bisa dan biasa bedah/bongkar intake, busi, blok mesin, sistem exhaust, AC, Audio dan sistem kelistrikan sebuah mobil dalam kondisi mobil dimatikan lalu dalam beberapa jam, mobil itu jadi normal lagi maka silahkan dibayangin kalo lo jadi dokter dan melakukan hal yg sama tapi kondisinya ngga boleh dimatiin, coba deh lo bongkar jantung, paru paru, otak, pencernaan atau organ lain yg bermasalah, dan objeknya ngga dimatiin dan emang ngga boleh mati, can you?

Mekanik bisa bilang, coba dimatiin dulu mesinnya trus kita cek ulang..
Dokter mana ada yg bisa bilang, coba pasiennya dimatiin dulu baru ntar di nyalain lagi?

Setelah dibongkar, dan ditemukan masalahnya, mekanik bisa bilang : maaf pak/bu, onderdilnya kosong, mesti nunggu beberapa bulan buat ngedatengin dari luar negeri, jadi buat sementara mobilnya belum bisa di hidupkan dulu apalagi dipake.
Bandingin ama dokter, dokter mana yg bisa bilang, maaf yaa pak/bu, stok jantung ama ginjal yg cocok masih harus dipesan dulu, kita juga ga tau kalo yg bermasalah ada di jantung dan ginjal padahal kita udah bongkar semua dari otak sampe jempol kaki, jadi for a while, pasiennya kita tinggal dulu dalam kondisi organ organnya bececeran dimana mana, ngga lama kok paling sebulan setelah orderan dateng nanti kita pasang lagi. Ya menurut lo?

Gue ngga bermaksud merendahkan profesi tertentu dan men-superior-kan profesi tertentu karena tiap profesi sama sama penting dan dibutuhkan, tapi yuukk kita sama sama liat proses dan resikonya.

Apakah sama resiko yg di dapet oleh supir bus dan pilot pesawat?

Bus yg disebabkan adanya kesalahan dlm perawatan lalu mogok itu masih bisa di dorong atau diderek ke bengkel terdekat, bahkan bus bisa ganti ban di pinggir jalan.

Pesawat?
Pesawat lagi terbang trus mogok gimana dorongnya? Atau gimana kalo pesawat lagi terbang trus patah sayapnya, mau nepi dimana?

Janganlah membandingkan sesuatu yg ngga apple-to-apple, terlebih dengan karakter dan resiko yg sangat berbeda. Bahkan lo juga ngga bisa membandingkan objek sejenis yg beda kelasnya, yee kali lo mau bandingin avanza tipe tertinggi, veloz matic misalnya, dengan mercy tipe terendah, c-class, ya tetep aja jauh.

So,
Please, be objective people 😀

Leave a Reply

