emangnya modal cuma duit aja?

starbucks frr

Hola, como estas?

Baru nyampe rumah nih

Touch down kasur, then nyalain laptop.

Sore hari ini, bada ashar tadi, gue ketemu temen SMP gue di starbucks rest area jagorawi, km 10.

Temen gue, sebut aja namanya Adit (nama sebenarnya Dita..lah knapa jd beda gender gini? bodo aahh)

Dia, cerita panjang lebar ke gue yg intinya dia udah capek ama kerjaannya, udah jenuh ama rutinitas yg itu itu aja, dan sebagaimana mayoritas karyawan yg lagi jenuh, semuanya slalu dimulai dengan kalimat kayak dibawah ini..

“Gue capek ndre, tiap hari bangun sebelum subuh, beres2, sarapan, solat subuh bntar trus brangkat ke kantor, macet-macetan dijalan, udah sore trus pulang, kena macet lagi, nyampe rumah jam 9 atau jam 10 malem, dan besok paginya ini semua keulang lagi, gituuuu teruuuss sampe kiamat, brasa kayak robot tau ga, yg programnya ya itu itu aja”

“ooo..trus lo mau ngapain?” tanya gue msh datar.

“gue mau resign kayaknya” kata dia

“oh ya? then?”

“ya cari kerja lagi, bidang yg sama tapi di perusahaan yg baru..”

“Bahahahaha..bahahaha” gue ngakak sampe kopi yg gue minum mau keluar dari idung.

“kok lo ketawa deh, Ndre? serius ini gue”

“hey, u said udah jenuh ama kerjaan lo, right? gue nanya lagi

“yup, bener bgt..” kata dia

“u said u dont want to be a fucking zombie again, am i right?

“iyaah, teruuusss? “giliran dia yg nanya

“teruuss yaaa kalo gituu ya jangan kerja lagilaah..” kata gue

**skip bentar..**

See?

Ini nih yg menurut gue aneh ama pemikiran kaum pekerja

guys, come on!

wake up!

coba yaaaahh, logic dikit..

Kalo lo bosen ama kerjaan lo, lo jenuh, lo ga mau jadi zombie lagi and then, lo resign (which is, well, sampe disini cara lo bener) kemudian setelah resign, lo ngelamar kerjaan yg sama tapi di perusahaan yg berbeda?

what the?

!!@#$%^^&*!! 😀

I mean, oohh shit maaan,

Nih ya gue tulis sekali lagi: lo bosen ama kerjaan lo, lo jenuh ama rutinitas lo, lo ga mau jadi zombie lagi and then, lo resign, teruuuuuss, lo ngelamar lagi untuk kerjaan yg sama tapi di perusahaan yg berbeda..

Hell-oooo?

Where’s the hell your brain?

Teruuusss apa bedanyaaa?

Ya okelah kalo gaji tunjangan blablabla mungkin di tempat baru nanti bakal lebih gede, tapi apa bedanya? Cuma beda perusahaan aja’kan? Cuma beda lingkungan aja’kan? Cuma beda klien aja’kan? Cuma beda target aja’kan?

Tapi’kaaaaannn, kerjaaanyaaaa teteeepp samaaaaa..Capeeeekknyaaa juga samaaaaaaa…Rutinitasnya juga samaaaa..and most of all, sama sama tetep jadi zombie bukaaaaann?

**lanjut ke conversation between me and my friend..**

“Trus knapa lo ga nyoba usaha sendiri? toh dgn pengalaman lo yg banyak dan bertahun tahun itu lo hrsnya udah ngerti apa apa yg hrs lo kerjain, udah tau seluk beluknya, knapa ga lo bikin perusahaan sendiri dan lo sebagai CEOnya” gue nanya dia

“Pengen sih ndree, pengen gue usaha, kayak lo, bebas mau ngapa ngapain, pengen gue ndreee”

“Trus what are you waiting for? kalo cuma bilang pengen doang, semua orang juga bisa..

“gue blom punya modal yg cukup ndreee”

**DAAANNNGGG!!

***teeett toottt!!

****wrong answer, i’ve got that stupid point (again), skip lagi yee..

Nih ya, buat semua..modal itu ngga harus duit. Duit emang penting tapi bukan yg terpenting,
I mean, serious, gue tulis lagi

MODAL ITU NGGA HARUS DUIT!

Otak lo itu modal, niat lo itu modal, semangat lo itu modal, kerja keras lo itu modal, networking lo itu modal, dan nama baik lo itu modal, thats it, thats all..

Coba deh kalian baca biografi orang orang sukses saat ini,

Mostly, orang orang sukses saat ini dulunya adalah orang orang susah atau paling ngga, mereka ngga punya duit setumpuk pas mau mulai bisnis.

Pasti rata rata merintis dari bawah, mulai dari nol, mulai dari berbagai kerjaan mereka coba, mulai dari ngejualin produk orang atau mulai dari broker-in dagangan orang lain. Sedikit demi sedikit, hasilnya ditabung, diputer lagi buat usaha, gitu terus dan hasilnya yaa seperti yg lo liat saat ini, mereka sukses.

Gue?

Gue memulai usaha tahun 2009, ketika gue lulus kuliah 4,5 tahun dari FISIP UI dan ngelamar kerjaan kesana sini tapi gagal mulu. Saat itu tiba tiba kepikiran, knapa gue ga usaha sendiri aja sih? Drpd ribet ribet kyk orang tolol nenteng ijazah kesana kemari toh gajinya juga ngga bisa beli mercy c-class, mercy dgn kasta paling bawah, apalagi saat itu UMR masih 1 koma sekian kalo gue ngga salah inget, dan gue itung itung pengeluaran gue per bulan jaman gue msh kuliah dari tahun 2004 sampe 2009 aja itu sekitar 1,5 juta, buat bayar tol, beli bensin, makan, fotokopi, turun lapangan, penelitian, beli buku, jalan, latian billiar, hahahihi dan blablabla..

Beberapa saat gue pikirin, akhirnya gue nyoba buat usaha sendiri dengan sistem online/e-commerce, kalo bahasa skrg, online shop.

Tapi yg jadi pertanyaan, barang apa yg mau gue jual?

Disitu gue berpikir keras, barang apa yah yg ngga segmented, bisa segala usia, laku cepet, dan untungnya lumayan gede.

Di otak gue, barang yg ngga segemented, bisa segala usia, dibutuhin tiap hari, dan laku cepet itu ya cuma barang sembako alias barang kebutuhan hidup (daily use), tapiiii untungnya kecil, serius, margin orang jualan sembako itu tipis, bisa ambil untung 10% aja udah sujud syukur, mostly ada di 3% – 7%.

Okeh, lanjut..

Karena gue pernah liat temen kampus gue, cewe, jualan parfum branded, akhirnya gue ikutan nyoba jualan parfum branded. Saat itu yg ada di otak gue adalah gue tau dimana gue bisa beli barang asli tapi dengan harga yg miring.

Singkat kata, gue beli barangnya, waktu itu gue beli parfum benetton sport 2 biji ama bvlgari aqua 1 biji yg belakangan karena bvlgari aqua emang parfum gue banget akhirnya si bvlgari ga gue jual, gue pake sndiri. Belom mulai bisnis aja gue udah tekor bin tolol.

Selesai beli parfum, gue bikin akun di tokobagus.com (skrg udah jd OLX), gue upload fotonya, kasih deskripsi, kasih no telp yg bisa dihubungi trus gue tunggu deh kalo ada pembeli yg berminat.

So simple, right? banget!

Laku? beeeehhh..bangeeeett! secara gue jual parfum dua biji dan baru laku 3 bulan kemudian, iyaa laku kok laku, lakuuu bangeeett *nangis dipojokan*

Patah semangat? No, itu bukan gue..gue cuma gondok doang sambil garuk garuk aspal saat itu (dan nangis di pojokan tentunya).

Kaget karena hasilnya ngga sesuai harapan? Pastinya..

Tapi gue lebih kaget pas ngecek saldo ATM gue yg cuma tinggal 398 ribu, which is yg bisa gue tarik cuma 298 ribu dong, secara kalo di ATM duit lo emang bakal kesisa limit 100 ribu disana.

298 ribu itulah modal gue..

Sebenarnya bukan 298 ribu bahkan, aslinya mah cuma sekitar 250 ribu, itu juga gue mesti nyari ATM yg pecahan 50 ribu.

250 ribu cash ditangan gue, mau gue apain?
Apa yg bisa gue jual?
Gimana caranya ini duit bisa berkembang? Cuma itu yg ada di otak gue.

Akhirnya, gue kepikiran buat jualan tamagochi, itu lho mainan piara hewan elektronik.

Knapa gue terjun disitu?

Simple, buat anak kecil itu bisa jadi kayak pembelajaran sekaligus jadi mainan tentunya, buat orang (yg mulai) tua itu bisa jadi nostalgia pas mereka msh kecil atau msh remaja dulu. Gue sendiri, main tamagochi pas SD dan skrg kepikiran buat main lagi.

Untungnya? Nah ini dia nih..

Gue beli barang itu seharga 36 ribu per lusin, kenapa gue langsung beli selusin? yaudah sih cuma 36 ribu doang juga saat itu dipikiran gue, lagian namanya mau usaha itu mesti berani ambil resiko. Kalo lo beli cuma dikit dan ngga laku lo msh bisa ngeles dgn mikir ruginya ga gede gede amat tapi kalo lo beli banyak, mau gak mau lo mesti ngeluarin usaha ekstra biar itu barang gimana caranya bisa laku, balik modal dan bikin lo untung.

Gue cari di tokobagus dan kaskus, tnyata ada bbrapa penjual barang serupa tapi emang saat itu blom banyak yg jual. Rata-rata ngejual barang dengan harga 25 ribu hingga 50 ribu per biji. Kebanyang dong untungnya brapa? modal 36 ribu selusin trus dijual 25 ribu sebiji? 25 ribu dikali selusin aja udah 300 ribu, padahl modalnya cuma 36 ribu, itu brapa kali lipat untungnya?

Apa gue ikut ngambil untung kayak si tukang bubur yg mau cepet naik haji? Tentu tidak!
Kalo gue ikutin mereka ambil untung gede, gue cuma dapet untung gede aja tapi cashflow/perputarannya lama.
Gue mutusin bahwa kelompok sasaran gue adalah kelompok reseller alias penjual..yuup, gue cari kuantitas.

Disini gue set harga penjualan buat grosir 15 ribu/pcs atau 144 ribu/lusin buat grosiran, minimal pembelian 1 lusin. Laba untuk tingkat grosir tentu lebih kecil dr pembeli retail/eceran. Labanya = total harga jual (144ribu/lsn) – modal (36ribu/lsn) maka didapatlah laba bersih di angka 108 ribu/lsn.

Pembeli pertama gue, cewe, tinggal di jakarta barat, dia beli 7 unit @ Rp 15 ribu. Karena dia pembeli pertama dan lumayan beli banyak, dia gue kasih harga grosir. Dari penjualan 7 unit, modal gue nutup, laba gue dapet.
Modal 36 ribu/lusin, penjualan gue 105 ribu, msh ada laba bersih 69 ribu rupiah + 5 unit barang dan itu smua gue puter lagi.

Disini gue juga mulai belajar ttng dunia logistik, barang gue kirim lewat jasa ekspedisi kyk JNE/tiki/dakota cargo, gue blajar gimana caranya mengemas barang biar aman, cara ngecek status barang, ngecek no AWB, ngecek ongkos kirim ke berbagai daerah, sampe ngitung dan ngukur kira-kira paket gue nanti bakal kena brapa kilo/volume biayanya.

Alhamdulillah, atas berkat rahmat Allah yg Maha Kuasa dan dengan didorong oleh keinginan yg luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yg bebas, pelan tapi pasti penjualan gue meningkat dengan laba bersih per lusin 105 ribu rupiah, dan sampe dimana gue pernah kewalahan karena order membludak.
Orderan gue rata rata diangka 7 lusin per hari, which is saat itu, 2009, dengan penjualan 7 lusin per hari gue punya laba bersih/penghasilan 735 ribu rupiah per hari atau sekitar 21 juta rupiah/bulan.

Oh iya, FYI, 21 juta/bulan tanpa kena pajak penghasilan lho dan kerjanya cuma dari jam 9 pagi sampai jam 2 siang, senin-jumat, kadang bahkan kalo malesnya kumat, penjualan senin suka gue rapel ke penjualan selasa.

Transport?

Gue kirim barang ke JNE cuma naek sepeda aja kok karena JNE kan emang banyak dan kebetulan ada di deket rumah gue dan yg terpenting nggak perlu pake seragam, lengan panjang, atau baju formal, nggak perlu pake dasi, sepatu pantofel, parfum wangi dan dandanan rapi lho ya, which is sampai detik ini, sampe tahun ini, 2014, uumm..yaa sorry to say, yang pake dasi dan dandanan rapi juga banyak tuh yg gajinya (dan tunjangan) belum nyampe dua digit.

Dan saat itu, alhamdulillah, gue udah ngga pernah lagi bolak balik nenteng nenteng cv ke kantor kantor.

Pertanyaan gue buat kalian, kaum pekerja yg mau nyoba bisnis tapi (katanya) masih kebentur masalah modal, apa iya setelah kalian kerja bertahun-tahun uang 298 ribu aja kalian ngga punya?

Atau..

Sebenarnya ini bukan masalah modal tapi masalah keberanian?

Apakah gue menceritakan ini untuk pamer, No!

Disini gue mau bilang, kalo gue yg modalnya cuma tiga ratus ribu kurang aja bisa, knapa lo ngga bisa?

Gue slalu berpikir simple, kalo mereka bisa, knapa gue ngga? toh sama sama makan nasi, paling lauknya aja’kan yg beda? kalo mereka bisa dan gue ngga bisa, brarti ada yg salah di diri gue.

the choice is yours

Leave a Reply

