tanda konsumtif

 

#tandakonsumtif

 yang kita inginkan belum tentu yang kita butuhkan

yang kita butuhkan mungkin juga berbeda dari yang kita impikan

langsung aja yaahh..

tanda konsumtif biasanya dimulai dari mata >> “..wiiihh kereeenn banget nih barang..”

mata mengirim sinyal ke hati >> “..iya yaa, keren, bisa begini begitu, gak kyk punya gw, lemot! udah kliatan kuno..dikit-dikit loading..dikit-dikit force closed..dikit-dikit jam pasir..”

kemudian hati meminta persetujuan otak, tentunya dgn alasan yg dibuat-buat biar keliatan penting dan hrs segera dibeli, misal : “..kan klo pake ini kerjaan bisa dikerjain dimana aja..kan kalo pake ini fiturnya komplit gak perlu ribet bawa yg lain..kan kalo pake ini gak perlu copot baterai lagi and much more..”

banyaknya alasan yg keliatan bener dan keliatan emang butuh banget yg bikin otak nyerah lalu meng-IYA-kan >> ” iya nih, kyknya kalo gw pake nih barang bisa blablabla.. bakal lbh gampang kalo mau blablabla, gengsinya juga naik kalo pake ginian, duit di dompet kyknya juga ada..”

pas udah dibeli baru nyesel, ya duit abislah, ya sebenarnya nggak butuh-butuh amatlah, atau bingung >> “..hadeehh..ini gw beli buat apa ya? “

______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

 Ketika hati lo ngalahin otak lo.. “..beli aja dulu, kan belum pernah punya, kali aja guna..” catet ya, ada kalimat “kali aja guna”, jd belum tentu guna, juga belum tentu kepake

Ketika slalu ada alasan buat bela-belain beli hal yg kita inginkan “..wiiihh kalo pake ini bisa 4G-an, speknya ngedukung LTE..” pdhl di Indonesia sambungan 3G aja masih belum beres.

ketika beli barang yg serupa, mirip, sekelas, atau bahkan cuma beda warna..hari ini pake pake avanza silver, besok pake avanza putih, lusa pake avanza item..” pdhl mah biar punya selusin tetep aja apansah, mobil sejuta umat, kelasnya tetep kelas rakyat, coba kalo ditabung udah bisa beli fortuner, satu tapi naik kelas.

Ketika beli barang yg nggak butuh-butuh amat atau sebenernya emang nggak butuh ..punya banyak buku ttng motivasi dan manajemen keuangan. pdhal dibaca juga nggak, dipraktekin apalagi.

Ketika abis beli barang trus nyampe rumah bingung “..ini barang ngapain tadi gw beli ya?

Ketika abis beli barang trus pas di rumah heboh.. “waaaaa..duit gw abis!”

Beli netbook alasannya notebook kegedean, beli tablet alasannya berat bawa netbook, trus beli phablet alasannya tablet kurang praktis…iki maunya opo toh?

Beli smartphone canggih cuma buat telp, sms, social media, cek email ama whatsappan..fitur lain? nggak ngerti..

Ketika beli barang cuma untuk gengsi dan kebanggaan

Ketika beli barang tapi lebih mentingin merk dibanding fungsi, fitur, dan teknologinya

Ketika iman kalah ama barang diskonan trus gesek credit card deh..alasannya? boo, kapan lagi ada barang diskonan! pdhl tiap weekend jg ada diskonan.

Ketika msh tgl belasan, dompet tinggal isi SIM dan KTP, kliatan tebel ya karena isinya bon pembayaran ama tagihan yg belum lunas.

Ketika fokus banget nyari iklan dan info ttng midnite sale.

Ketika kita tawaf keliling mal malem-malem pas midnite sale #tandakonsumtif

Bela-belain tawaf keliling mall malem-malem cuma demi barang diskonan..pdhl orang-orang yg beneran berkelas itu gak perlu nunggu ada diskon dulu baru beli

Ketika mesti rebutan (bahkan cakar-cakaran) sama pengunjung lain demi barang diskonan bermerk.

Ketika jumlah tagihan kartu kredit lebih besar dari harta kekayaan kita..apalgi kalo tagihannya lebih gede dibanding harta kita dan orang tua, beeehhh ini namanya tanda kiamat.

Tiap hari kerjaannya buka website FJB (forum jual beli) macem K*skus atau t*k*bagus

Ketika senyuman merekah pas terima gaji, mulai menyusut pas pertengahan bulan, dan keluar tanduk pas tanggal 20an.

Ketika awal bulan makan di s*shi tei, ngopi di st*rbucks, nongkrong di kemang, pertengahan bulan mulai makan nasgornya abang-abang lewat, pas tgl 20an puasa full ampe terima gaji lagi #tandakonsumtif

Ketika udah puluhan tahun kerja, tapi belum punya rumah, belum punya mobil tapi hp gonta ganti tiap tahun #tandakonsumtif.

Oiya, punya pacar atau istri lebih dari satu, itu jg termasuk tanda konsumtif lho, pdhl istri satu aja nggak abis-abis..yg lebih kacau, istri satu aja nggak keurus trus kawin lagi..hadeeehh

 

__________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

menjalankan sesuatu dengan efektif dan efisien itu mirip kyk kedewasaan, it’s a choice..

banyak orang dgn pendapatan setara UMR dan tetap bisa hidup bahagia

tapi nggak sedikit yg gajinya dua digit milih gantung diri karena dikejar debt collector

manfaatkan yg ada dan bersyukurlah dengan apa yg lo punya

karena untuk setiap hal yg lo nggak suka atau lo anggep nggak layak pakai, ada orang-orang yg sebenarnya sangat menginginkan hal tersebut

gak percaya?

yg jomblo ngiri ama yg punya pacar

yg punya pacar ngiri ama yg punya suami/istri

yg punya suami/istri pas tau kelakuan pasangannya malah pengen jomblo lagi

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s